IKN Dinilai Akan Ratakan Pembangunan dan Kesejahteraan di Wilayah Timur - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Sunday, July 14, 2024

IKN Dinilai Akan Ratakan Pembangunan dan Kesejahteraan di Wilayah Timur

 

Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur memiliki peran besar untuk pemerataan pembangunan, terutama wilayah Timur Indonesia. Salah satu upaya mempertegas peran IKN dalam meningkatkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di wilayah Timur Indonesia, adalah dengan akan dibuatnya Terusan Khatulistiwa.

"Dari berbagai pandangan elemen masyarakat dan para tokoh terutama di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur sendiri, mereka melihat IKN memang memiliki peran besar itu. IKN seperti penarik ekonomi seperti cahaya untuk percepatan kawasan Timur Indonesia," ungkap Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad, dalam keterangannya, Rabu (10/7/2024)

Fadel mengungkapkan Terusan Khatulistiwa dibuat sebagai salah satu upaya dari peran IKN dalam meningkatkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan wilayah Timur Indonesia.


Terusan Khatulistiwa ini dibuat sepanjang 72 kilometer berada di leher pulau Sulawesi, tepatnya di Teluk Tomini. Terusan ini nantinya dapat memperpendek jarak dan waktu perjalanan transportasi laut, dan mempermudah pendistribusian barang ke wilayah IKN ataupun sebaliknya.

Sebelum adanya terusan ini, masyarakat dari timur Indonesia yang ingin menuju wilayah IKN menghabiskan banyak bahan bakar dengan berputar menempuh perjalanan sejauh 2.000 mil. Adanya terusan ini dapat menjadi solusi jalan pintas untuk lalu lalang masyarakat.

"Diharapkan masyarakat dari Papua, Gorontalo, Manado tidak perlu berputar jauh, tapi melalui terusan ini bisa langsung pulang kerja ke IKN. Dengan begini, roda perekonomian akan berputar dampaknya adalah kesejahteraan," kata Fadel.
Fadel menambahkan akan ada banyak rencana selain Terusan Khatulistiwa yang akan mengikuti perkembangan IKN agar semakin sempurna.


"Intinya, IKN ini sebenarnya bukan sesuatu yang sia-sia. Tujuan dan misi awalnya memang untuk memeratakan pembangunan dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia, sesuai amanat konstitusi kita," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment