Peran Penting Ormas Ikut Wujudkan Pemilu Damai - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Saturday, December 9, 2023

Peran Penting Ormas Ikut Wujudkan Pemilu Damai

 


Harus diakui organisasi massa (ormas) di Tanah Air memiliki peran strategis, khususnya dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Terlebih jumlah ormas di Indonesia yang besar menjadi potensi dan daya dukung untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

 

Data dari Kementerian Dalam Negeri menyebutkan jumlah ormas di Indonesia setidaknya ada 514.656 yang tersebar di seluruh provinsi, kabupaten, maupun kota. Banyaknya jumlah ormas itu diperlukan kebijakan dalam mengelolanya agar terkoordinasi dan berkesinambungan.

 

Tentu, dengan jumlah ormas sebanyak itu diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menyiapkan kader-kader pemimpin sebagai penyelenggara maupun pemilih dalam pemilu. Selain itu, ormas juga diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam mengedukasi masyarakat untuk mewujudkan pemilu damai.

 

Ormas juga memiliki peran penting dalam membangun ekosistem pemilu yang sehat. Mengingat penyelenggara pemilu atau pemerintah tidak mungkin bertemu langsung dengan masyarakat banyak, sehingga peran ormas ini diperlukan untuk dapat langsung berinteraksi dengan saluran-saluran dalam masyarakat itu sendiri.

 

Kita sepakat dengan pernyataan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang menyatakan keberadaan ormas mirip sebagai titik jembatan kultural. Artinya titik jembatan kultural jika sudah jadi dan kreatif akan memberi sumbangsih yang konstruktif bagi masyarakat.

 

Di sinilah pentingnya kebijakan pengelolaan ormas agar maju dan akuntabel, sehingga turut menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Peran ormas ini sesungguhnya adalah peran yang belum terjangkau pemerintah, termasuk mewujudkan pola interaksi yang sehat antara penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan masyarakat.


No comments:

Post a Comment